Om Swastyastu

Mutiara Dharma 06/11/2013:

“SMS = Senang Melihat orang lain Sukses dan Sedih Melihat orang lain Susah BUKAN Senang Melihat orang lain Susah dan Sedih Melihat orang lain Sukses”.

Suatu hari ada seorang Bapak dengan seorang anaknya & seekor keledai melakukan suatu perjalanan.

Tibalah mereka di kota A,
Sang Anak naik keledai, sementara Bapaknya berjalan di sampingnya,
Orang-orang berkata:
“Dasar anak tak tahu diri, masa bapaknya disuruh jalan kaki.”

Ketika tiba di kota B,
Gantian Sang Bapak yang naik keledai itu, Sedang anaknya jalan di sampingnya, lalu orang-orang berkata: “Gimana sih, tuh bapak, masa anaknya di biarkan jalan kaki.”

Dan saat berada di kota C,
Mereka berdua menaiki keledainya bersama, orang-orang yang melihatnya berkata: “Dasar anak dan bapak tidak punya perasaan, masa keledai dinaikin berdua sih?”

Akhirnya merekapun sampai di kota D, Mereka berjalan kaki sambil memegang tali keledai dan tetap ada saja orang-orang berkata: “HaaaaHH…dasar bapak dan anak yang bodoh, masa punya keledai tidak digunakan sama sekali.”

Dan saat melintasi kota E dengan menggendong Keledai tersebut (karena sakit), orang-orang yang berpapasan pun terheran-heran penuh tanda tanya. Dan komentarnya: “Dasar Eudan. Dunia sudah kebalik, keledai menunggangi manusia.”

Sahabat, ada pesan moral yang bisa kita petik dari kisah cerita ini:

Dimanapun kita berada akan selalu ada pandangan NEGATIF dari orang-orang di sekitar kita.

Tapi satu hal yang harus kita lakukan adalah: TETAplah BERPIKIRAN POSITIF untuk melihat orang-orang yang ada di sekitar kita.

Semua tergantung dari MINDSET kita sendiri.

Walau dalam kenyataan sangatlah mudah untuk MELIHAT KEKURANGAN & KEJELEKAN orang lain, dan lebih mudah MENANGIS melihat orang yang BERSEDIH, Daripada TERTAWA melihat orang yang sukses….:), semogalah itu tidak terjadi pada diri kita setelah membaca kisah ini.

Om Awighnamastu.

Om Santih Santih Santih Om
~ I Wayan Sudarma
Catatan pinggir Jalan, Bali-06 Nopember 2013

Advertisements