​KERJASAMA ATAU SAMA SAMA KERJA

(Motivasi sesi~2 SPA BALI)
Om Swastyastu

Sekilas kata Kerjasama dan Sama sama kerja sinonim. Tidak ada bedanya, kata anak muda. Tapi kalau kita telaah lebih dalam dan jernih, nyata benar bedanya. Mari kita coba telisik. 

Pertama yaitu Kerjasama, adalah makna kita bekerja bersama-sama, jadi mesti ada interaksi antara satu dengan yang ain. Tidak boleh individualis. Kerjasama menuntut kebersamaan, dan kebersamaan itu sendiri menuntut keterbukaan, dan keterbukaan itu menuntut kepercayaan. Saling mempercayai bahwa kita dapat bekerjasama, saling mengisi bukan menguras, saling berbagi bukan menopoli, saling mengasihi bukan menguasai. Nah, dengan modal yang demikianlah kita baru bisa membangun kerjasama. Kerjasama yang indah luar biasa, yang bisa membuat kita jadi satu keluarga. 

Sesi Work Motivation

Sementara “sama sama kerja”, adalah situasional. Yaitu sebuah kondisi dimana kita sama-sama kerja, tapi tidak bersama-sama. Kamu kerja, aku kerja, masing masing kerja, tapi tidak saling kontak, tidak ada interaksi. Yang seperti ini tentu merupakan sesuatu yang tidak baik, tapi justru inilah yang sering terjadi; diantara kita. Sama-sama ke pura, sama sama berdoa, tapi bebanmu ya bebanmu, sakit atau seneng, yah sendiri. Yang lain tertawa, saling becanda tapi tidak ada ikatan rasa yang dibutuhkan untuk membuat kita bisa sehati dan sepikir. 

Nah, sekarang, bagaimana dengan kita kita? Semoga kita tidak sekedar “sama-sama melayani” tetapi “melayani bersama-sama”. Karena kesatuan dalam kebersamaan adalah kehendak Tuhan. Kita boleh aja terpisah secara fisik tapi terikat dalam kasih, iya kan…??!!

Om Santih Santih Santih Om

♡ I Wayan Sudarma (Jero Mangku Danu)©