Om Swastyastu

ini bukan gatok menggatokkan, namun sebuah fakta yang selama ini barangkali luput dari pengamatan kita. kearifan agama Hindu dan Budaya Bali, yang sejalan dan selaras dengan Dasar Negara Kita: Panca Sila.

Kalau kita cermati design tata ruang pekarangan orang Hindu di Bali (Panca Marga), merupakan miniatur dari sila sila dalam Panca Sila, yakni:
1. Parahyangan = Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Bale Dangin = Kemanusian Yang Adil Dan Beradab
3. Gedong = Persatuan Indonesia
4. Bale Dauh = Kerakyatan Yang Dipimpin oleh hikmah kebijaksanan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Dapur dan Jineng = Keadilan Sosial bagi seluruh Indonesia

* Parahyangan adalah tempat yang letaknya di hulu (luanan), sebagai tempat untuk menghambakan  diri dengan Sang Pencipta; Ida Sanghyang Widhi, Dewa-Bhatara, Leluhur. Umat Hindu di Bali menempatkan Aspek ini di hulu sebagai yang uttama, karena menyadari bahwa Tuhanlah yang menjadi sumber pertama kehidupan dan kepadaNyalah kita akan kembali.

* Bali Dangin, secara fungsional digunakan untuk semua kegiatan yang berkaitan dengan upacara Manusa Yadnya, sejak dari batu lahir bahkan hingga telah menjadi sawa/jenazah. Disinilah aspek kemanusian diberi kedudukan yang sama melalui tempat ini.

* Gedong, secara umum adalah tempat untuk tidur, sebagai simbol persatuan. Yakni bersatunya suami istri dalam ikatan kasih sayang.

* Bale Dauh, adalah tempat yang buasa digunakan oleh Keluarga Hindu Bali untuk menerima tamu, melaksanakan simakrama, berembug dengan anggota keluarga penuh asah asih asuh, salulung sabhayantaka, paras paros sarpanaya.

* Paon/Dapur, Jineng: adalah dimana makanan dan sumber penghidupan disiapkan, dihidangkan. Dari sini semua diberikan asupan penghidupan secara adil, penuh welas asih dan bijaksana.

Demikian dapat tityang ketengahkan keterkaitan kearifan Hindu Bali dengan sila sila dalam Pancasila. Ini menandakan bahwa LELUHUR kita di Bali sudah sedemikian BRILIAN memikirkan generasinya agar bisa Hidup sehat secara sekala dan niskala baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari masyarakat sosial berbangsa dan bernegara. Semoga bermanfaat.

Om Santih Santih Santih Om
❤ Jro Mangku Danu