Oleh: I Wayan Sudarma ( Jro Mangku Danu)

Om Swastyastu

Bhagavad-Gītā, Adhyaya  IX.32:

māṁ hi pārtha vyapāśritya, ye ‘pi syuḥ pāpa-yonayaḥ
striyo vaiśyās tathā śūdrās, te ‘pi yānti parāṁ gatim

Artinya:
Mereka yang datang dan meminta perlindunganKu, oh Arjuna, walau mereka itu lahir dari sesuatu yang berdosa, walau mereka ini wanita atau vaishya atau sudra, mereka pun mencapai Tujuan Yang Tertinggi.
__________
O son of Pṛthā, even for very sinful people, labours, farmers, merchants and women, but by fully sheltering on Me then they will reach the ultimate destination.

Makna Kekinian:
Disinilah tercermin Kerendahan Hati Yang Maha Kuasa, tercermin juga KemurahanNya dan KasihNya. Memang Yang Maha Esa ini Maha Pemurah dan Penyayang sehingga jalan kepadaNya terbuka untuk siapa saja yang menginginkannya secara tulus. Adalah salah kalau ada anggapan bahwa hanya  Brahmana atau Ksatrya saja yang dapat mencapaiNya. Itu hanya ilusi dan peraturan buatan manusia saja, yang penuh dengan rasa egois, keserakahan, dan angkara, yang justru bertentangan dengan ajaran Bhagavad Gita dan ajaran-ajaran Hindu lainnya. Semua orang maupun mahluk tanpa kecuali dapat pergi dan sampai kepadaNya, karena Ia milik semuanya tanpa diskriminasi, apalagi seseorang yang menyalakan pelita di dalam hatinya untukNya semata tanpa pamrih.

Demikian kupasan singkat Sloka ke-32 dari Adhyaya IX Ini, semoga bermanfaat dan menjadikan kita pribadi yang selalu optimis, karena semua entitas dapat Manunggal dengan Tuhan. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om
♡ Jro Mangku Danu