Om Swastyastu

Om Ano Bhadrah krattawo yantu wiswatah
(Semoga Pikiran yang Baik datang dari segala penjuru)

Mula mantram di atas sering kita ucapkan bahkan terlalu fasih kita sampaikan dalam hampir di setiap kegiatan.

Selain sebagai Mantram permohonam agar kita diberikan pikiran yang bersih, jernih dan sehat. Mantram ini juga mengandung pesan agar kita bisa menerima setiap “PIKIRAN KEBENARAN” dari segala penjuru bahkan dari setiap entitas, termasuk dari siapapun.

image

Apa yang Anda Pikirkan-Itu yang Anda Serap

Namun sayangnya, kita sering terjangkiti oleh virus yang bernama “subyektivitas”. Mantram ini kita ucapkan, namun setelah ada yang mengabarkan, memberitahukan buah pikiran-pikiran positif,  pikiran kita sudah membuat dalih…..”akh….siapa lho,…munyi gen (omong doang),…..dan lain sebagainya. Pikiran kita langsung membuat blocking negativitas.

Sikap kita yang sering “meboya”, seperti inilah yang menyebabkan kita tak bisa menerima  dan menangkap inti dari pesan-pesanNya, lewat pikiran-pikiran orang lain. Sehingga mula astawa Om Ano bhadrah krattawo yantu wiswatah yang kita ucapkan…menjadi kehilangan tuahnya.

Makanya pesan Vedanta ini penting kita resapi dengan pikiran jernih….dengan demikian kita akan dimampukan untuk menerima pikiran-pikiran kebenaran entah dari mana, dari siapa pun datangnya.

Semoga permenungan ini berguna bagi kita semua. Mari produksi pikiran-pikiran jernih sebanyak-banyaknya….dengan demikian kita akan dapat meluaskan telaga hati dan telaga bathin kita.Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om

Write & Posted by: I W. Sudarma (Jro Mangku Danu)