Om Swastyastu

Mahavakya: “Ayam Atma Brahma”, dari kitab Mandukya Upanisad 1.2 dari kitab Atharva Veda ini, merupakan salah satu dari Empat Mahavakya Veda. Yang berarti:  “DIRI INI adalah Brahman”.

‘ Ayam ‘ berarti: ‘ ini ‘ , dan disini ‘seperti saat ini’ mengacu pada sifat diri yang bercahaya dan tanpa menengahi Diri, yang bersifat terdalam untuk segala sesuatu, tanpa kontaminasi dari Ahamkara atau ego dalam tubuh fisik.

image

KeESAan

“Diri ini Brahman”, adalah merupakan substansi dari mana semua hal-hal yang benar-benar menjadi ada. Brahman yang di mana-mana , juga di dalam diri kita , dan apa yang ada di dalam diri kita  juga ada di mana-mana. Inilah arti dari ‘Brahman’ , yang sesungguhnya, karena IA merupakan kesemestaan, mengisi semua ruang, berekspansi ke semua eksistensi, dan luas melampaui semua ukuran persepsi atau pengetahuan. Pada tiap entitas IA adalah Dirijati Yang Sejati, IA adalah Non-Relativitas dan juga merupakan Universalitas, karena sejatinya: “Atman dan Brahman adalah sama”.

Identifikasi “Diri” dengan yang “Absolute” bukanlah merupakan tindakan menyatukan dua kodrat yang berbeda, tetapi merupakan penegasan bahwa kemutlakan atau universalitas meliputi segala sesuatu, dan tidak ada yang di luar itu.

Demikian dapat saya ketengahkan secara singkat inti dari makna Mahavakya: “Ayam Atma Brahma”, ini….semoga bermanfaat bagi keluasan pemahaman kita akan Keluasan Ajaran Suci Veda. Dan guna meningkatkan kesadaran diri akan KeESAan ini. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om
17/01/2016.

Write & Posted by: I W. Sudarma (Jro Mangku Danu)