Om Swastyastu

“Daridraya-nasanam danam
Silam durgati-nasanam
Ajnana-nasim prajnya
Bhavana bhaya-nasini”.(Bhagavadgita V.11).

Artinya:
Kedermawanan menghapuskan kemiskinan, perbuatan yang baik menghilangkan kemalangan, kecerdasan rohani menghapuskan kegelapan/kebodohan, dan bahaya atau rasa takut bisa dihilangkan dengan merenungkannya baik-baik.

image

Berbagai Bentuk Penderitaan

Kontekstualnya:
Kedermawanan, perbuatan yang baik, kecerdasan rohani, dan merenungkan segala sesuatu dengan baik-baik, niscaya semua kemiskinan, kebodohan, dan bahaya atau rasa takut bisa dihilangkan.

Sebagai contoh di masyarakat, perbuatan-perbuatan seperti yang di atas akan mengantarkan kita untuk mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai segala pencipta alam semesta ini. Karena seperti yang kita ketahui kecerdasan rohani yang dimiliki manusia akan mampu menempatkan dirinya selalu dalam keadaan sadar. Namun tak jarang kita melihat banyak orang-orang di masyarakat terutama para pemuda yang justru terlibat dalam dunia-dunia kegelapan, seperti meminum-minuman keras, berjudi dan sebagainya.

Hal seperti itu harus dihindari dengan meningkatkan kecerdasan rohani bagi paa pemuda dengan melakukan dan menekuni ajaran dharma. Dan apabila mulai dari sejak dini kita menanamkan kedermawanan, maka kemiskinan akan terhapus, seperti ketika kita dapat melaksanakan kegiatan dana punia dengan penuh sukacita  dan atau dapat memberikan sedekah bagi mereka yang mengalami kesusahan serta dengan usaha yang mampu menyerap lapangan kerja yang banyak. Selain itu, saya sering merenungi kegiatan-kegiatan salah yang saya lakukan, karena dengan begitu kita akan tahu dan menyadari kesalahan yang kita lakukan dan bahaya ataupun rasa takut yang kita alami akan dapat dihindari.

Semoga pesan Sloka Bhagavadgita ini dapat kita jadikan pijaka untuk melangkah menghindari berbagai bentuk-bentuk penderitaan yang sering menggelayuti kehidupan kita. Let’s Love All and Serve All. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om

Write & Posted by: I W. Sudarma