Oleh: I Wayan Sudarma

Om Swastyastu
Berikut saya kupas salah satu Mantram Uttama yang digunakan untuk Menghormati dan Memuliakan CATUR GURU: Guru Rupaka (Orang Tua dan Roh-Roh Suci Leluhur), Guru Pengajian (Guru Pendidikan), Guru Wisesa (Pemerintah), dan Guru Svadhyaya (Hyang Widhi)

Mantram:
Twameva mata cha pita twameva
Twameva bandhus cha sakha twameva
Twameva vidya dravinam twameva
Twameva sarvam mama deva deva.

Artinya:
Engkau sendiri adalah ibuku, Engkaulah ayahku;
Engkaulah kerabatku yang sejati, Engkaulah sahabat yang sejati;
Engkau sendiri adalah pengetahuanku, Engkaulah kekayaanku;
Engkau adalah segalanya bagiku Oh Tuhan segala Tuhan adalah Engkau sendiri.

Mantram ini Bersumber dari kitab  Pandava Gita. 28. Yang diambil sebagian dari Mahanarayana Upanisad dan Visnu Purana. Di dalam Mahabharata:  Diucapkan pertama oleh Gandhari kepada  Shri Krshna saat mendapati Duryodhana telah meninggal.Kemudian mantram ini di kompilasi dan dipopulerkan dalam kitab: Stotramala (Kumpulan dari doa-doa uttama).

Penjelasan:
1. Tvameva Mata: Engkau adalah  Ibu saya Yang Maha Agung, Satu Tanpa Kedua , Engkaulah yang memelihara saya dengan Cinta Kasih Ilahi dan memberkati hidup saya dengan Kesejatian (persepsi diri saya sebagai Jiwa Sejati, dan bukan hanya sebagai tubuh, pikiran, kecerdasan, atau ego).
———
Tvameva Mata: You are my Mother, the Supreme One Without a Second, Who nourishes me with Divine Love and graces my life with Self-Respect (the perception of my self as the Soul-Self, and not just as a body, mind, intellect, or ego).

2. Cha Pita Tvameva: Dan Engkau adalah Bapak-ku , yang Maha Tinggi, Engkau yang melindungi saya dengan menaikkan kesadaran saya dan mengubah pikiran saya menjadi wadah ilahi. Dan yang menanamkan pada diri saya  kualitas Kesadaran Yang Maha Tinggi.
——-
Cha Pita Tvameva: And you are my Father, the Supreme Being Who protects me by raising my consciousness and transforming my mind into a receptacle of the divine; Who instills in me the sterling qualities of Divine Consciousness.

3. Tvameva Bandu cha Sakha Tvameva: Engkau adalah Kerabat sejati saya yang selalu terhubung denganMu selamanya sebagai Atman (Jiwa – diri) dengan Paramatman (Diri Agung) , dan Engkau adalah Temanku yang terbaik, Pendamping Abadiku dan tersayang,  Siapa yang tidak akan pernah meninggalkanku.
——
Tvameva Bandu cha Sakha Tvameva: You are my True Relative with Whom I am eternally related as Atman (Soul-self) with Paramatman (the Supreme Self), and You are my Best Friend, my Eternal Companion and Dearest Confident Who will never leave me.

4. Tvameva Vidya: Engkau adalah Kebijaksanaan Ilahi, sumber Zat dari semuanya yang telah hamba ketahui , semua yang sedang hamba pelajari, dan segala sesuatu yang hamba tidak ketahui, tapi berusaha untuk memahami dan menyadari (mengaktualisasikannya).
——-
Tvameva Vidya: You are the Divine Wisdom, the Essence of everything I know, everything I am learning, and everything I do not know but seek to understand and realize (actualize).

5. Dravinam Tvameva: Engkau adalah Kekayaan tertinggi (Laksmi ) dan Penyangga Uttama dari semua hal terbaik dalam kehidupan saat ini dan berikutnya. Engkau adalah Sumber dari segala sesuatu yang baik dan Penyangga dari semua sumber daya alam yang hamba butuhkan untuk bertahan hidup baik fisik dan pencerahan spiritual. Engkau adalah Kekayaan Kebijaksanaan dan Karunia Pembebasan (Moksha).
——
Dravinam Tvameva: You are the Highest Wealth (Laksmi) and the Bestower of all the best things in this life and the next. You are the Source of everything good and the Bestower of all Resources we require for our physical sustenance and spiritual enlightenment. You are the Wealth of Wisdom and the Gift of Liberation (Moksha).

6. Tvameva Sarvam Mama Deva Deva: Engkau adalah Maha Segala-galanya, meresap pada semua hal, Engkau adalah segalanya bagi hamba, Engkau adalah inti dari keberadaan saya, Hati dari hati saya, Sumber dari Diri hamba, Jiwa dari jiwa saya, Realitas yang tanpa batas,  tanpa dualitas dan keberpihakan, tanpa terpisahkan,  kekal, tak bernoda,  Maha Mengetahui, Maha Sempurna dan Maha Tinggi bagi setiap mahluk.
——-
Tvameva Sarvam Mama Deva Deva: You are All-in-All; You are Everything to me, You are the core of my being, the Heart of my heart, the Source of my Self, the Soul of my soul, the Ultimate Reality devoid of duality and partiality; Indivisible, Immutable, Immaculate, the Ultimate Knower and the Absolute Perfect Incomparable Supreme Being.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Om Santih Santih Santih Om

Write & Posted by: IW Sudarma (Jro Mangku Danu)