Om Swastyastu

Di zaman Kali Yuga ini kita diharapkan untuk mengucapkan nama-nama suci Tuhan untuk mendapat pembebasan, tetapi tentu harus dengan kemurnian dan pelayanan kepada-Nya. Seperti misalnya Hanoman yang menjadi abdi Tuhan yaitu Rama dengan menggunakan tenaga yang kuat dan lidahnya hanya untuk menyebut nama Rama. Tentu dengan menunjukkan pikiran dan perasaannya yang ditujukan pada Tuhan akan menemukan perlindungan dan kedamaian. Atau Drupadi istri Panca Pandawa, Kunti ibu Panca Pandawa selalu menggunakan hasil kerjanya untuk Krishna . Krishna adalah nama suci Tuhan yang selalu ada dalam benak mereka. Mereka selalu mengucapkan Namasmaranam (nama-nama suci Tuhan) dalam bibirnya sehingga mereka merasakan ketenangan karena selalu dilindungi.

image

Sejak beribu-ribu tahun para yogi telah menyadari akan hubungan yang penting antara prana dengan pernafasan. Prana tidak hanya masuk melalui cakra-cakra tetapi juga masuk bersama udara yang kita hisap waktu kita bernafas. Oleh karena itu para yogi selalu menekankan akan pentingnya pernafasan yang benar, dan mereka mengembangkan serangkaian latihan khusus yang disebut pranayama. Dalam pernafasan biasa kita hanya menghirup sedikir sekali prana dari atmosfir. Tetapi bila kita berkonsentrasi dan dengan sadar mengatur pernafasan, kita dapat menyimpan sejumlah besar prana. Mereka yang mempraktekkan pernafasan yang dalam dan sistematis dapat merasakan efek yang nyata dari menghirup prana. Kontrol pernafasan memberi kesehatan dan peningkatan vitalitas, melarutkan ketegangan emosi dan merilekskan pikiran. Dan hal yang terpenting, mempercepat perkembangan spiritual, dengan menumpuk banyak tenaga dalam, yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan pikiran dan memungkinkan seseorang untuk mencapai kesadaran yang lebih tinggi.

image

‘Pikiran berawal dan berimbangan dengan vibrasi. Jika seseorang berpikir panjang, ia menarik nafas panjang, dan bila berpikiran cepat, nafasnya bergetar dengan cepat, bila-pikirannya diguncang kemarahan, nafasnya kacau balau, jika jiwanya seimbang dan tenang, maka begitu pula penafasannya. Tetapi marilah kita buat kebalikannya: coba regangkan badan dan pada saat yang bersamaan bernafaslah seperti orang yang sedang marah dan ternyata itu tidak bisa dilakukan’.

Pikiran yang harmonis, berkaitan erat dengan pernafasan yang pelan, dalam dan teratur. Pikiran yang kacau mempercepat kerja jantung dan irama pernafasan. Kita semua mengalami kejadian ini, bila kita sesak nafas dan megap-megap kalau terserang emosi secara tiba-tiba. Pernafasan menjadi pendek dan tidak teratur, bahkan dalam situasi yang sedikit tegang saja, waktu menunggu suatu tes wawancara. Sebaliknya, pernafasan yang cepat membatasi kemampuan mental.

Nafas yang dipimpin oleh pikiran di bawah pengawasan kemauan adalah tenaga yang kuat dan yang menghidupkan kembali, yang dapat digunakan dengan sadar untuk memperkembangkan diri, atau untuk maksud-maksud lain yang penting. Kalau kita tahu bagaimana mengatasi kerja gelombang-gelombang kecil prana melalui cipta, barulah kita tahu rahasia untuk mengatasi prana umum. Seorang yogi yang ahli dalam pengetahuan rahasia itu, tidak akan takut terhadap kekuatan apa saja, sebab ia telah mengatasi segala penjelmaan kekuatan di alam ini.

Seperti juga halnya dengan praktek yoga yang lain, maka praktek pranayama juga harus dibawah bimbingan seorang guru. Guru akan memberikan uatu teknik yang telah diasosiasikan dengan tingkat perkembangan rohanimu. Di bawah ini akan diuraikan beberapa latihan pranayama seperti yang diuraikan beberapa latihan pranayama seperti yang diuraikan dalam kitab-kitab yoga.

image

Mantra berasal dari akar kata ‘ma’, yang artinya manana dan ‘tra’ yang artinya “menyelamatkan “. Sehingga mantra artinya sesuatu yang menyelamatkan bila bermeditasi kepadanya. Mantra akan memberi keselamatan dari cengkraman kehidupan duniawi yang dirundung kamatian, kesedihan, dan kesakitan. Mantra adalah suatu kata khusus atau kalimat khusus yang memiliki potensi untuk mempengaruhi sesuatu pada suatu tingkatan tertentu sesuai dengan jenis mantra tersebut. Dalam kundalini yoga maka mantra itu harus memiliki pengaruh sedemikian hingga mampu meningkatkan posisi dari kundalini. Selain itu mantra diartikan sebagai proses pengasimilasian dan pengasosiasian ide yang berada di dalam mantra.

image

Mantra dalam meditasi adalah suatu kekuatan yang menetralisir semua kegelisahan pikiran sehingga pikiran kembali kepada sumbernya. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om

Oleh: I W Sudarma (Jro Mangku Danu)
* Dari berbagai sumber