Om Swastyastu
Salah satu Tumpek dari 6 tumpek yang ada adalah Tumpek Uye (sabtu kliwon uye) atau lebih dikenal dengan tumpek kandang. Kata tumpek merupakan bahasa Sunda Kuno yang artinya: Keserasian, Kesehatan, permohonan khusus untuk sesuatu hal…

Tumpek Uye; adalah hari suci untuk memuliakan Dewa Siwa dalam prabhawaNya sebagai Pasu Bhuanaswari (Rare Angon); yang menjadi pengembala segala jenis Hewan Peliharaan, termasuk sifat hewani diri kita.

Pada hari ini, umat memujaNya dengan menghaturkan berbagai jenis ketupat: berbagai ketupat burung, ketupat hewan berkaki empat. Dan dipelinggih menghaturkan banten ajuman dan wewangian. Dengan maksud agar semua hewan peliharaan terbebas dari penyakit (sasab merana), dan diri kita terhindar dari sifat-sifat hewani.

Mantram pokok yang digunakan adalah: mantram Gayatri untuk Bhuanaswari;
Om Bhuaneswara ya widmahi, Wiswadewa ya dimahi, tanno Pasu praccodayat.

Seusai sembahyang semua hewan diperciki tirtha. Lalu ditutup dengan Santih Puja.

* Dan sebagai wujud kepedulian kita terhadap harmonisnya alam (bhuta hita), pada hari ini akan menjadi sangat mulai kalau kita bisa melepaskan/membebaskan hewan ke habitat aslinya; melepaskan ikan ke sungai, danau, setu, laut. Melepaskan burung….ke alam bebas, dan sebagainya.
* Dan Kalaupun belum busa melepaskan hewan ke alam bebas, kalau dirumah punya peliharaan-usahakan hari ini untuk memanjakannya sejenak dengan penuh welas asih-bahwasanya ia telah berkontribusi pada hidup kita; burung yang telah memberikan penghiburan lewat kemerduan kicaunya, anjing yang telah membuat kita aman, ikan di kolam yang menjadi obat saat suntuk…dan sebagainya.

Happy Animal Day
Rahajeng Rahinan Tumpek Uye/Kandang

Om Santih Santih SantihOm
♡ Jro Mangku Danu