Hari ini seperti biasa I Luh Mongkeg pergi ke pasar untuk keperluan dapurnya. Sesampainya di pasar ia membeli sebuah kemoceng, kemudian berlanjut ke dagang ayam, karena suaminya Nang Lecir lagi pengin dibuatkan betutu khas Luh Mongkeg….

Luh Mongkeg: “Mas, ayam 1 ekor ya..!”
Dagang Ayam: “Tapi, bu Luh….sekarang harganya naik ee.., kan sekarang bulan Puasa…jadi semua lagi pada mahal..”.

Luh Mongkeg: “Tapi, Puasa kan baru setengah jalan, Ramadhan kan masih 2 minggu lagi-masak harga ayam sudah naik?”
Dagang Ayam: “Iya, nie bu Luh…saya juga nggak tau…!”, gimana jadi nggak..?”

Luh Mongkeg: “Emang 1 ekor berapa harganya Mas?“
Dagang Ayam: “Sekarang seekor 40 ribu bu Luh!”

Luh Mongkeg..Mekesiab..:” Aisss, Mas…Mas…masa  ayam kurus begini Rp 40 ribu??? Yang bener aja…!, 30 ribu ya….?”
Jengkel, si pedagang ayam nyeletuk sambil melengos
“Ya elaaahhh… Bu, Buu…Luh emangnya harga kemoceng (sapu bulu) bu Luh berapa harganya?”

Luh Mongkeg: “Kemoceng ini, harganya 30 ribu…emang kenapa?”
Dagan Ayam: “Tuh kan….Kemoceng yang nggak ada dagingnya  aja, sekarang udah Rp30 ribu!, masak ayam saya disamain sama harga bulu ayam…!! Aya aya wae nie bu Luh….apa kata dunia….bu..”

Luh Mongkeg….Ngelek ati…. kemudian pergi sambil mlengos dengan sedikit manyun….alamat gagal bikinin Nang Lecir ayam betutu…:)🙂

ha ha ha…ha ha ha….
Selamat siang semeton Dumay, semoga hari ini tetap bersemangat.

♡Jro Mangku Danu