Om Swastyastu

Apa yang dimaksud dengan menempuh kehidupan spiritual?

Kehidupan spiritual berarti membuang kecendrungan hewani dan mengungkapkan sifat-sifat ketuhanan yang merupakan pembawaan manusia sejak lahir. Namun ekses pendidikan modern telah banyak membuat manusia kehilangan sifat-sifat kemanusiaannya. Akibatnya, ia lupa pada sifat ketuhanan yang merupakan pembawaannya dan mengembangkan perangai seperti binatang.

Manusia menulikan telinganya untuk hal-hal yang baik dan benar, tetapi mendengarkan gosip dan cerita jahat dengan penuh perhatian, tetapi jika kisah suci Tuhan dituturkan, telinga mereka tersumbat. Orang-orang tidak pernah bosan menonton bioskop, TV, tetapi untuk memusatkan pandangan pada wujud Tuhan yang indah  semenitpun, mereka merasa sulit. Bagaimana orang semacam ini dapat mengharapkan Tuhan?

Demikianlah kenyataannya. Inilah kebenaran yang Aku sampaikan. Bila saat kematian tiba, akal budi berfungsi secara tidak benar. Manusia harus berusaha sedapat mungkin utk mengungkapkan sifat ketuhanan yang tersembunyi dalam dirinya. Hanya dgn demikianlah ia dapat di sebut seorang manusia sejati atau VYAKTI. 

Om Santih Santih Santih Om

*Dikutip dari Sai Anandayi, oleh: Bhagavan Shri Sathya Sai Baba