Om Swastyastu
Hari ini Anggara Pahing Wuku Watugunung, dinamakan Hari Paid-Paidan. Hari ini hidup I Watugunung masih dihinggapi dilema, namun Ia terus berjuang untuk dapat lepas dari situasi penuh keragu-raguan (Candung Watang), I Watugunung tidak menyerah….ia terus merangkak-melangkah tertatih-tatih menuju Cahaya Pengetahuan.

Bagaimana dengan kita, yang saat ini misalkan masih diliputi I Candung Watang….Apakah harus menyerah dan kehilangan akal? Atau kita mencoba untuk keluar daripadanya?

Semeton sinamian…

Hidup tak boleh berhenti tergerus oleh keragu-raguan yang merupakan penggoda dan penghambat kesuksesan. Di saat situasi seperti ini adalah bijak jika kita “Membuka Diri” dan berkomunikasi dengan yang ada di sekitar kita entah itu diri kita, alam, sahabat, teman, keluarga, atau orang  yang kita anggap mampu untuk menuntun  dan membimbing kita melewati masa-masa krisis kepercayaan tersebut.

Dengan kerendahan hati dan ketulusan menerima berbagai kritik, saran dan nasihatnya. Karena kita yakin dia adalah sahabat kita..! Dan tentunya doa akan sangat membantu kita mengahadapi tantangan kali ini…!

Di sinilah betapa pentingnya diri ini, alam, sahabat, yang dapat kita jadikan sebagai guru….

Hari Paid-paidan (Anggara Pahinhg Watugunung) saya ibaratkan “Saatnya membuka diri dan belajar dan mohon tuntunan dari berbagai pihak”.

Manggalamastu
Om Santih Santih Santih Om
♡ Jro Mangku Danu
* Disunting dari artikel: Sisi Lain Makna Hari Sarasvati