Om Swastyastu

Saat kita menanam padi, akan banyak tumbuhan liar yang juga tumbuh di sekitarnya. Demikian pula saat kita melakukan suatu kebajikan, di sekitar kita tidak jarang akan muncul berbagai prasangka, tuduhan, bahkan fitnahan….entah menganggap kita cari mukalah, cari sensasilah, pencitraanlah, sampai ada yang merasa tersaingi dan dirugikan.

Seorang petani tahu persis apa yang mesti ia lakukan untuk mendapatkan kualitas padi dan beras yang baik, yakni dengan menyiangi dan membersihkan tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman padinya. Demikian juga mereka yang bijaksana akan menyingkirkan semua prasangka, tuduhan, dan bahkan fitnahan itu dengan terus berbuat kebajikan dengan bijaksana. Dengan cara ini ia tidak membiarkan sedikitpun energi-energi negatif tersebut mendistori tanaman kebajikannya.

Saudara/i semuanya…jika dengan menanam satu bulir padi, lalu kita rawat dengan baik…..kita akan menghasilkan tak terhingga bulir-bulir padi….demikian juga halnya satu tanaman kebajikan yang dilakukan dengan penuh ketulusan dan kebijaksanaan….akan menghasilkan tak terhingga kebaikan-kebaikan.

Untuk itu mari kita tanami ladang hidup kita dengan tanaman kebajikan-kebajikan, sehingga saatnya nanti kita memiliki cukup bekal persediaan sebagai bekal menuju Rumah Damai bernama Suka Tan Pawali Duka…!!

Semoga renungan pendek ini…mampu menggeliatkan semangat kita untuk menanam bulir-bulir kebajikan…..Manggalamastu…

Om Santih Santih Santih Om

~ Jro mangku Danu (I W. Sudarma)
Lembah Tidar, 08/06/2014

20140608-081221-29541522.jpg