Om Swastyastu

Bertemu dengan banyak orang, dari yang masih ingusan, anak-anak, remaja, sudah dewasa, bahkan sampai kakek-kakek dan nenek-nenek ternyata membawa kesan tersendiri.

Yang pasti setiap orang yang aku jumpai selalu menawarkan pelajaran baru yang sangat berharga, dari kepolosan anak-anak, semangat kaum remaja, sedikit kemunafikan dan rasa egoisme pada orang yang mengaku dewasa, dan kearifan kaum sepuh…..semua adalah mata pelajaran yang sangat menarik….

Setiap insan adalah unik….hal ini disebabkan barangkali karena beberapa alasan; setiap insan membawa karmanya masing-masing, secara genitas kita memang berbeda, lingkungan hidup juga tak kalah penting dalam mempengaruhi pola pikir, tata ucap dan prilaku kita, sumber hidup (makan, minum, sandang); bagaimana kita mendapatkan semua itu juga berkontribusi besar dalam hidup ini, pendidikan, dan tentunya adalah kesempatan itu sendiri.

Namun apapun itu, yang pasti setiap insan memang unik…karena keunikannya inilah kita tidak bisa memperlakukan mereka secara sama, setiap insan harus didekati dengan cara yang berbeda pula …..istilah ngetrennya “One Man One Method”

Menyitir ungkapan para Bijak bahwasanya setiap insan dibedakan karena beberapa hal, yakni:

Setiap insan tidak ada memiliki pikiran yang sama…karena itulah secara rohani setiap insan memang berbeda.

Setiap insan secara phisik berbeda…taka ada rupa manusia yang sama….karena ia merupakan hasil KELONAN bukan hasil KLONINGAN…..makanya menjadi diri sendiri adalah yang terbaik….keinginan meniru untuk menjadi orang lain hanya akan berakhir pada kesia-siaan…

image

Desain waktu yang kita miliki, masing-masing dari kita menggunakannnya secara berbeda-beda pula, tergantung motivasi hidup ini. Ada yang lebih banyak menggunkan waktunya untuk berkontemplasi, tapi tak sedikit yang menggunakan waktu hidupnya untuk mengejar kenikmatan duniawi, sebagian lagi untuk menggosip, dan lainnya.

Walau demikian setiap insan digerakkan oleh sumber yang sama yakni ATMAN. nah….jika kita kembali ke esesnsi yang paling hakiki ini….kita akan selalu mendapati bahwa perbedaan nama, rupa, profesi,dan kedudukan sebagai sebuah kebenaran.

Karena ternyata memang hanya perbedaan itulah kebenaran. Tuhan menciptakan perbedaan agar kita dapat saling memahami, memberi dan menjalin komunikasi dengan yang lain.

Tantangan bagi kita adalah bagaimana menjadikan perbedaan ini sebagai sebuah kekayaan, dan kesempatan untuk berbenah….karena setiap insan selalu lebih di sisi lainnya dan kurang di sisi yang satunya lagi. Tanpa terhubung dalam kasih….niscaya kita hanya akan hidup dalam kenisbian tanpa arah yang jelas.

Menjabat erat tangan yang lain dengan kasih, dan belajar untuk memahami dan melayani mereka dengan ketulusan adalah sebuah keharusan…..Ayo kita coba….!

Om Santih Santih Santih Om
♡ Jro Mangku Danu (I W. Sudarma)

Written & Posted by: IW. Sudarma