Om Swastyastu

Di sebuah kamar di Rumah Sakit hanya ada dua ranjang. Ranjang, yang 1 dekat dengan jendela dan yang 1 lagi jauh dari jendela.

Setiap harinya gadis yang terbujur lemah yang berada di ranjang dekat jendela menceritakan apa yang dia lihat ke seorang ibu yang terbaring di ranjang satunya lagi.

“Apa yang kamu lihat hari ini?” Kata Ibu itu, Gadis itu menjawab: “Di luar ada anak-anak kecil berlari riang sedang main dengan anjing kesayangannya. Ada gemerlap lampu-lampu taman yang indah. Dan banyak sekali angsa-angsa lewat di kolam.” Dengan riangnya gadis itu bercerita.

Hari demi hari Ibu itu bertanya ke gadis itu dan gadis itu terus menceritakan apa yang dilihatnya di luar jendela.  Akhirnya pada satu malam gadis itu sesak nafas, Ibu itu bisa saja membantu gadis itu dengan memencet bell agar suster datang, tapi di biarkan saja. Dalam hatinya, ini kesempatanku untuk bisa pindah ke ranjang sebelah dekat jendela, jika gadis itu mati jadi aku bisa melihat pemandangan di luar sana. Benar saja, keesokan harinya gadis itu meninggal dan Ibu itu berkata kepada suster: “Aku mau pindah ke ranjang dekat jendela”,  dengan riangnya Ibu itu melongok ke jendela,…begitu dia pindah…
Apa yang dia lihat? Hanyalah “Atap dan Tembok”, karena rupanya gadis itu buta.

image

Bahan Renungan:
Saudara/i ku semua….Terkadang kita suka merasa diri tidak bahagia dan selalu melihat kebahagiaan orang lain dan suka berandai-andai. Andai aku punya istri yang cantik seperti dia, Andai aku punya suami yangg baik seperti dia, Andai aku bisa sekaya dia, Andai aku punya jabatan seperti dia, punya orang tua seperti orang tuanya, punya mobil sebagus dia, Andai dan andai selalu memikirkan apa yang orang lain miliki!

Ingat…..Bahwasanya setiap orang punya kesusahan masing-masing, Orang yang bahagia adalah orang yang selalu melihat hidup ini indah, berpikir positif walaupun hanya “Atap dan Tembok” di depan mata tapi yang dia lihat adalah Visinya dan selalu ceria melewati hidup. Bersyukurlah masih diberi kehidupan, terlebih mampu dan mau membagikan keceriaan kepada orang lain, walaupun dalam segala keterbatasan. Selalulah bersyukur dalam segala hal, karena selalu ada hal indah dibalik semua peristiwa yang kita hadapi.

Om Santih Santih Santih Om

Written & Posted by: IW. Sudarma