Om Swastyastu

Melasti/Makiyis/Jalanidi Puja adalah prosesi spiritual keagamaan sebagai upaya penyucian alam semesta dari segala kekotoran dan kejahatan akibat dari perputaran karma selama 1 tahun yang penuh dengan intrik, gejolak, nafsu, dan berbagai sisi negative terhadap kemanusiaan. Penyucian ini tidak berhenti pada tataran alam semesta, tetapi juga pada diri setiap manusia Hindu, harus menyucikan diri dan lingkungannya. Pelaksanaan prosesi ini dilaksanakan sejak seminggu sebelum hari raya nyepi atau maksimal 2 hari sebelum Nyepi.

Di dalam Lontar Sang Hyang Aji Swamandala disebutkan: “…angayutaken laraning jagat, paklesa letuhing bhuvana…”, yang terjemahannya: untuk melenyapkan penderitaan masyarakat dan kotoran dunia (alam), sedangkan di dalam lontar Sundarigama dinyataan: “….amet sarining amrta kamandalu ritelenging samudra…”, yang terjemahannya : Untuk memperoleh air suci kehidupan di tengah – tengah lautan.

Laut sebagai sumber amerta karena laut/segara dipercaya dan diyakini mampu melebur segala kekotoran yang diakibatkan oleh api nafsu manusia yang berupa tindakan kotor/jahat dan yang lainnya.

Semoga renungan singkat ini bermanfaat bagi bertumbuhnya kesadaran keberagamaan dalam mengaplikasikan ajaran Dharma.

Om Santih Santih Santih Om
image

27/03/2014

Written & Posted by: IW. Sudarma