Om Swastyastu

:Om Idham bhasma param guhyam
Pavitram papa nasanam
Sarva klesa vinasaya
Sarva rogha vinasanam”.

Om-Hyang Widhi
Idham-ini
bhasma-abu suci
param-utama
guhyam-rahasia, mistik
pavitram-penyucian
papa-dosa
nasanam-menghancurkan
Sarva-berbagai
Klesa-penderitaan
Vinasaya-menghancurkan
Sarva-berbagai
Rogha-penyakit
Vinasanam-menghancurkan

Artinya: Abu suci ini adalah rahasia yang paling utama. Yang memberikan kesucian dan menghapuskan segala dosa. Yang menghancurkan segala penderitaan. Serta menghancurkan segala penyakit.

Abu sisa dari sebuah ritual upacara Agni Hotra atau Homa disebut dengan Bhasma. Bhasma artinya abu, dan para pengikut Siwa atau penganut Siwaisme akan memakai abu suci tersebut di kening atau diantara kedua alis mata atau melumuri seluruh tubuhnya dengan abu sisa dari upacara Homa ini. Abu sisa dari sebuah ritual Agni Hotra atau Homa diyakini sangat suci dan memiliki berbagai khasiat positif. Bhasma ini diyakini memberikan penyucian diri, perlindungan serta penghancuran  segala dosa dan penyakit. Bagi mereka yang sudah terbiasa dan meyakini ritual tradisi dari Weda ini biasanya juga menggunakan abu Homa ini sebagai penyucian dan perlindungan pekarangan rumah.

Namun di Bali jarang kita temukan pemangku ataupu para sulinggih yang memakai Bhasma atau abu suci ini. Karena umumnya yang dipakai adalah beras yang dicampur air cendana ataupun “bhasma’ yang diperoleh dengan menggosok kayu cendana di dalam periuk yang terbuat dari tanah. Walaupun mantra yang diucapkan, umumnya adalah mantra di atas.

Demikian dapat saya ketengahkan makna dari mantram ini. Semoga dapat menambah wawasan kira akan keluawasan Weda, dan dapat meningkatkan Sraddha~Bhakti kita semua.

Om Santih Santih Santih Om
* Ganapatya Nanda

Written & Posted by: IW. Sudarma