Om Swastyastu
“Janganlah melihat & menilai sesuatu hanya dari bentuk & rupanya”.

Dalam keseharian tak jarang kita dihadapkan pada satu kondisi untuk memberi penilaian, dan ternyata pula pola kita menilai sesuatu acapkali berdasarkan atas bentuk dan atau rupa dari sesuatu itu.

Nah….agar kita tidak terjebak pada penilaian dangkal dan subyektif. Sekiranya tips dan kisah berikut bisa dijadikan  sebagai pelajaran!

Darma adalah seorang penasihat kerajaan yang  wajahnya buruk dan tubuhnya bongkok, tetapi ia sangat disegani karena kebijaksanaannya.

Pada suatu hari Putri Kerajaan mengejeknya: “Jika kamu bijaksana, beritahu aku MENGAPA kebijaksanaan ada dalam diri yang buruk rupa & bongkok?”
Darma: Dengan santai Darma malah balik bertanya: “Apakah ayahmu mempunyai anggur ?”
Putri: “Semua orang tahu bahwa ayahku mempunyai anggur terbaik”
Darma: “Dimana disimpan ?”
Putri: “Yach pasti dalam bejana tanah liat”
Darma tertawa…ringan lalu berkata: “Seorang raja yang kaya menggunakan bejana tanah liat ?”

Mendengar itu, putri raja merasa malu & segera memerintahkan pelayan memindahkan semua anggur yang ada di istana ke dalam bejana emas & perak.

Suatu hari raja mengadakan jamuan kerajaan & kaget karena rasa anggurnya sangat asam. Pelayan istana  menceritakan bahwa anggur yang disuguhkan tadi berasal dari bejana emas & perak atas instruksi putri raja. Lalu raja menegur putrinya.

Kemudian Sang Putri mencari Penasihat Raja dan  berkata: “Mengapa kamu menipu saya. Saya pindahkan semua anggur ke bejana emas tetapi hasilnya asam”

Dengan teduh Darma menjawab: “Sekarang Anda tahu MENGAPA kebijaksanaan berada dalam wadah yang sederhana & sama seperti anggur, dia hanya cocok dalam bejana dari tanah liat”

Saudaraku…, janganlah melihat & menilai sesuatu hanya dari bentuk & rupanya. Ingat bahwa setiap KEBERADAAN sejatinya memerankan Fungsi (baca: Dharma) sesuai dengan Kualitas (baca: Guna) nya. Semuanya besar dalam peran dan fungsinya masing-masing. Tidak ada yang lebih unggul pun lebih rendah.

Kesadaran inilah yang mesti kita tumbuhkembangkan agar cara pandang kita bisa semakin luas dan bijaksana, bahwasanya setiap Keberadaan memang diadakan untuk suatu Misi Uttama.

Om Santih Santih Santih Om
Lembang-24022014

image

Written & Posted by : IW.Sudarma