Oleh: I W Sudarma

Om Swastyastu
Saatnya pelajaran Geografi. Seorang guru memberikan Tugas kepada murid-muridnya untuk menuliskan tujuh keajaiban dunia. Semua murid segera mengambil kertas dan mendaftar ketujuh keajaiban duni tersebut menurut mereka. Tugas dikumpulkan dan meskipun jawaban murid bermacam-macam, paling tidak mereka menyebutkan bahwa ketujuh keajaiban dunia itu adalah:
1. Piramida Mesir
2. Tembok Besar China
3. Menara Eiffel
4. Menara Pisa
5. Candi Borobudur
6. Kuil Angkor Wat
7. Taj Mahal

Sang guru memeriksa dan memperhatikan sejak tadi, ada seorang murid perempuan pendiam yang tidak mengumpulkan tugas. Sang guru mendekati murid itu dan bertanya apakah ia mengalami kesulitan mengerjakan tugas..

“Sedikit Pak, sebab menurut saya banyak sekali keajaiban di dunia ini,” jawab murid.”

Baiklah kalau begitu katakan apa saja menurutmu keajaiban duni itu, mungkin bapak bisa membantu memperbaikinya,” kata sang guru.
Setelah diam sejenak, murid itu berkata, “Menurut saya keajaiban dunia itu adalah:
1. Bisa melihat
2. Bisa mendengar
3. Bisa menyentuh
4. Bisa menyayangi
5. Bisa merasakan
6. Bisa tertawa dan menangis
7. Dan bisa mencintai.

Seketika ruang kelas itu menjadi sunyi senyap. Tak ada yang menyangka jawaban murid pendiam itu.

Sahabat….keajaiban yang ada dan bersumber dari dalam diri jauh lebih indah dan bermakna….daripada keindahan yang ada dan bersumber dari luar….Bukan…???

Mari sadari Keindahan yang bersemayam di dalam diri kita, lalu kita pendarkan ke sekeliling kita, untuk keluarga, saudara, sahabat, alam lingkungan, hewan dan kepada mereka yang kita benci pun yang membenci kita. Hanya dengan cara dan jalan inilah hidup kita akan kian Indah dan penuh Keajaiban…

Om Santih Santih Santih Om

20140307-105636.jpg