Om Swastyastu

Gurususrusa berarti bhakti berguru. Ada tiga jenis guru yang harus dibhakti atau dihormati.

Pertama, orang harus berbhakti kepada “guru rupaka”, yaitu orang tua, ibu dan ayah. Orang hendaknya sadar betapa besar pengorbanan dan kasih sayang orang tua yang telah dicurahkan pada anaknya untuk memelihara dan mendidiknya. Orang yang durhaka terhadap orang tuanya tidak akan selamat hidupnya di dunia maupun akhirat kelak.

Kedua, orang harus bhakti terhadap “guru pengajian”, yaitu orang yang mengajarkan bebagai ilmu pengetahuan dan mendidiknya, sehingga menjadi manusia yang berguna. Seseorang yang tidak berbhakti terhadap guru pengajiannya tidak akan berhasil menuntut ilmu pengetahuan dengan sempurna.

Ketiga, orang harus bhakti  kepada “guru wisesa”, yaitu pemerintah, karena pemerintah selalu memberikan pengayoman dan mengatur hidup bermasyarakat dan bernegara sehingga tertib dan damai. Demikianlah orang harus berbhakti terhadap ketiga jenis guru tersebut ( disebut Tri Guru).

Selain orang harus berbhakti terhadap tri guru tersebut,  hendaknya pula berbhakti terhadap “guru sejati (guru swadhyaya)”, yaitu Sanghyang Paramesti Guru. Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dari Beliaulah sumber segalanya ini. Jadi guru susrusa disini menuntun orang kepada kesucian hati dan kearifan melalui rasa bhakti kepada para guru.

Om Santih Santih Santih Om
Oleh: Sudarma
* Disunting dari: Yoga Sutra Patanjali

Written & Posted by: IW.Sudarma