Om Swastyastu
salah satu ‘Sasenggakan’ berbahasa Bali: “SELETAN”, yang berarti adanya potongan kecil makanan yang tersangkut di antara gigi kita, bisa berupa sayur, daging, buah, bahkan tulang. Yang memang sulit kita hindari karena di satu sisi kita mesti harus menikmati makanan demi kelangsungan hindup.

Demikianlah “Hawa nafsu” adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari. Tidak ada bedanya dengan memakan daging dan kemudian sepotong kecil daging tersangkut di antara gigi kita.

Wow, itu rasanya sakit! Bahkan sebelum kita selesai makan, kita akan mengambil tusuk gigi untuk mengeluarkannya. Ketika daging tersebut sudah terlepas kita akan merasa lega sebentar dan kita tidak ingin makan daging lagi. Tetapi ketika datang lebih banyak daging ke hadapan kita, maka sepotong daging lain akan tersangkut lagi di gigi kita. Kita akan mengeluarkannya lagi dan kita akan merasa lega lagi…..Demikian berulang-ulang….

Itu semua adalah hawa nafsu: tidak lebih dari sepotong daging yang tersangkut di antara gigi. Kita merasa risau dan gelisah, dan kemudian kita akan mengeluarkannya dari sistem kita dengan cara apa pun juga. Kita tidak mengerti tentang apa ini semua. Ini menakjubkan.

Om Santih Santih Santih Om
* Disunting dari 108 Kisah Inspiratif
Oleh: IW. Sudarma