Ingatlah selalu;
apapun yang saya katakan kepada Anda,
dapat Anda sikapi dalam dua cara.
Menerimanya saja karena otoritas saya,
“Karena Osho yang mengatakan demikian, maka sudah pasti benar”-jika demikian Anda menyikapinya, Anda akan  menderita; Anda tidak akan tumbuh.

Simaklah baik-baik apapun yang saya katakan; cobalah memahaminya,
terapkan di dalam kehidupanmu,
saksikan bagaimana ia bekerja,
dan simpulkanlah sendiri. Kesimpulan-kesimpulan yang Anda buat itu bisa saja serupa, atau bahkan sama-sekali berbeda. Ia tidak akan pernah persis sama karena Anda punya kepribadian yang berbeda, karena Anda individu yang unik.

Apapun yang saya katakan adalah kata-kata saya sendiri. Mereka berlaku untuk saya. Anda mungkin saja punya kesimpulan yang serupa, namun tidak mungkin sama persis. Jadi kesimpulan-kesimpulan saya hendaklah tidak Anda jadikan sebagai kesimpulan-kesimpulan Anda juga.

Anda mesti mencoba memahami yang saya maksud, namun hendaklah Anda tidak mengumpulkan kesimpulan-kesimpulan dari saya. Dengan begitu, Andapun tubuh secara lahir-batin.

* Osho