Om Swastyastu
Pada suatu hari, sang raja meminta kepada tukang emasnya yang sudah tua renta untuk menuliskan sesuatu di dalam cincinnya.

Raja berpesan, “Tuliskanlah sesuatu yang bisa kamu simpulkan dari seluruh pengalaman & perjalanan hidupmu, supaya itupun bisa menjadi pelajaran untuk hidup saya”.

Berbulan-bulan si tukang emas yang tua itu membuat cincinnya, lalu lebih sulitnya menuliskan apa yang penting di cincin emas yang kecil itu.
Akhirnya setelah berdoa & berpuasa, si tukang emas itupun menyerahkan cincinnya pada sang raja. Dan dengan tersenyum, sang raja membaca tulisan kecil di cincin itu. Bunyinya,
“THIS TOO, WILL PASS”
(“DAN YANG INIPUN AKAN BERLALU”).

Awalnya sang raja tidak terlalu paham dengan apa yang tertulis di sana. Tapi, suatu ketika, tatkala menghadapi persoalan kerajaan yang pelik, akhirnya ia membaca tulisan di cincin itu & ia pun menjadi lebih tenang, “Dan inipun akan berlalu.”

Dan tatkala ia sedang bersenang-senang, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu, lantas ia menjadi rendah hati kembali.

Betul!
Ketika Anda lagi punya masalah besar ataupun sedang lagi kondisi terlalu gembira, ingatlah kalimat itu, “Dan inipun akan berlalu.”

Kalimat ini, kalau direnungkan dengan bijak akan mengantarkan diri kita pada keseimbangan hidup. Tidak ada satupun yang langgeng. Jadi, ketika Anda punya masalah, tidaklah perlu terlalu bersedih.
Tapi, tatkala Anda lagi senang, nikmatilah selagi anda bisa senang

Ingatlah….
Apapun yang kau hadapi saat ini, semuanya akan berlalu.

Semoga menjadi berkat untuk anda dan orang – orang disekitar anda

Jadilah orang yang:
• tetap SEJUK di tempat yang Panas…
• tetap MANIS di tempat yang begitu Pahit…
• tetap merasa KECIL meskipun telah menjadi Besar… &
• tetap TENANG di tengah Badai yang paling Hebat…. serta
• tetap selalu MENGANDALKAN TUHAN dalam segala Perkara….

Om Santih Santih Santih Om
————-
Oleh: I Wayan Sudarma
Inspirated from: Cihna Katha

Written & Posted by: Sudarma